Stempel

 

Pernahkah anda minta legalisir? Yuph, jika anda pernah meminta legalisir baik untuk kebutuhan ijazah, atau dokumen yang lain. Sudah pasti anda tidak asing lagi dengan stempel? Benar gak? Yuph, stempel merupakan salah satu alat yang digunakan untuk kebutuhan pengesahan, seperti pengesahan nota, ijazah, dan dokumen yang lain. Itulah pengertian stempel.

Stempel hampir digunakan di semua lini kehidupan, tidak hanya untuk urusan formal saja, namun anda juga bisa mendapati stempel di berbagai pertokoan atau bahkan warung. Yang mana digunakan sebagai tanda bukti lunas  pembayaran atau hanya ungkapan terima kasih. Itu beberapa kegunaan dari stempel.

 

Jenis-Jenis Stempel

Stempel sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Namun demikian, secara gampangnya stempel bisa dibedakan menjadi dua yakni stempel warna dan juga stempel biasa.

Apa itu stempel warna? Stempel ini merupakan stempel yang cukup praktis baik ketika digunakan dan dari segi waktu. Namun kaitannya dengan harga, stempel ini mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan stempel yang biasa. Selain itu, stempel ini juga sangat mudah digunakan mengingat anda tidak perlu lagi bantalan tinta untuk melakukan stempel.

Bagaimana dengan stempel biasa? Stempel jenis ini biasanya dibuat dari karet runaflek yang dilengkapi dengan pegangan dari kayu.  Untuk menggunakannya anda perlu menggunakan bantalan tinta. Selain itu, harganya pun juga relatif lebih murah.

 

Perbedaan Stempel Warna dengan Stempel Biasa

Setelah anda mengetahui jenis-jenis stempel, mari kita lebih jauh lagi membahas perbedaan antara stempel warna dan stempel biasa. Secara umum, perbedaan antara stempel biasa dan stempel waran bisa ditilik dari tiga pembeda, yakni ditilik dari warnanya, dilihat dari pegangannya, dan dilihat dari harganya.

Dilihat dari warnanya, jelas perbedaan utama dari kedua jenis stempel ini ialah pada warnanya. Jika stempel warna, tentu memiliki lebih dari satu warna, sedangkan stempel biasa hanya memiliki satu warna atau warna tunggal sesuai dengan tinta yang anda gunakan.

Dilihat dari pegangannya, kedua stempel tersebut juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Jika stempel biasa, pegangan yang digunakan biasanya berupa pegangan yang terbuat dari kayu. Pegangan dari kayu tersebut dianggap paling ideal mengingat stempel ini membutuhkan bak atau bantalan dengan ditekankan terlebih dulu sebelum menggunakannya. Sementara itu, stempel warna menggunakan pegangan dari plastic biasanya.

Dilihat dari segi harga, stempel warna ini memang mempunyai harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan stempel biasa. Bagaimana dengan kualitasnya? Tentu hall tersebut kembali lagi pada perawatan masing-masing.

 

Sementara itu, bagaimana dengan hasil stempelnya? Tentu hasilnya akan lebih baik menggunakan stempel yang warna ini. Karena hasilnya lebih merata dan jarang sekali kelebihan tinta pada kerta atau dokumen yang akan diberi stempel.

Itulah hal-hal yang bisa anda ketahui mengenai stempel baik stempel warna maupun stempe warna.  Baik stempel warna dan juga stempel biasa mempunyai perbedaan dan juga memiliki keunggulan masing-masing. Stempel mana yang akan pilih? Tentu hall tersebut bergantung pada kebutuhan anda akan stempel tersebut. selain itu, stempel mana yang akan anda pilih juga tergantu dari budget yang anda punya.

Akan tetapi, jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih rapi dan hasil yang menarik, maka anda bisa memilih stempel warna. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan stempel biasa.

 

 

Deskripsi: pengertian stempel merupakan salah satu alat yang digunakan untuk kebutuhan pengesahan, seperti pengesahan nota, ijazah, dan dokumen yang lain